GLAUKOMA
Admin 12x Dilihat 02, Oct 2024

Glaukoma merupakan salah satu penyakit tersering yang menyebabkan kebutaan. Glaukoma adalah kondisi medis berupa gangguan penglihatan yang disebabkan oleh kerusakan saraf mata yang merupakan struktur penting dalam penglihatan. Kerusakan saraf mata tersebut terjadi karena adanya tekanan bola mata yang tinggi.

Bila tekanan bola mata yang mendadak tinggi ini tidak diobati segera akan mengakibatkan kehilangan penglihatan sampai kebutaan yang permanen.

Gejala Glaukoma

Pada umumnya tanpa gejala, sehingga disebut sebagai pencuri penglihatan. Namun bila sudah ada masalah penglihatan maka pandangan akan seperti dalam terowongan (tunnel vision).

1.       Sakit di mata menjalar  ke kepala

2.       Mual dan muntah

3.       Penglihatan menurun

4.       Mata merah

5.       Tekanan bola mata yang tinggi

 

Pemeriksaan apa yang diperlukan untuk mendeteksi glaukoma?

Untuk mendeteksi dan menilai progresivitas glaukoma, diperlukan beberapa pemeriksaan, antara lain pemeriksaan tekanan bola mata, pemeriksaan struktur dan saraf mata, serta pemeriksaan lapang pandang. Beberapa pemeriksaan ini menggunakan alat khusus yang menilai secara obyektif.

 

Edukasi kepada Pasien

1.       Pasien harus menggunakan obat anti glaucoma secara rutin dan sesuai petunjuk dokter spesialis mata.

2.       Rutin berobat untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut di RS Mata.

 

Kebutaan akibat glaukoma dapat dicegah apabila ditatalaksana secara tepat dan sedini mungkin. Sayangilah mata anda, periksakan mata anda.

Bagikan ke :

Berita Lainnya



GLAUKOMA
Admin 11x Dilihat 02, Oct 2024
STRABISMUS
Admin 467x Dilihat 14, Mar 2024
PTERIGIUM
Admin 92x Dilihat 14, Mar 2024