“Ga Cuma Vitamin A! Ini 5 Nutrisi Utama Untuk Menjaga Kesehatan Mata”
Admin 170x Dilihat 06, Jun 2024

Salah satu organ tubuh manusia yang memainkan peran penting dalam kehidupan adalah mata. Setiap aktivitas sehari-hari, tidak terlepas dari peran mata sebagai indra penglihatan. Seiring pertambahan usia dan kebiasaan buruk seperti menatap komputer/gawai terlalu lama dapat menurunkan fungsi penglihatan. Sehingga penting untuk selalu menjaga kesehatan mata. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi untuk mengurangi risiko dan mencegah menurunnya fungsi penglihatan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata, vitamin A sangat penting untuk menjaga sel-sel pengindraan cahaya mata, yang juga dikenal sebagai photoreceptors. Selain wortel, vitamin A juga bisa diperoleh dari kuning telur, hati, produk susu, kangkung, dan bayam.

American Optometric Association (AOA) dan American Academy of Ophthalmology (AAO) merekomendasikan beberapa nutrisi utama untuk kesehatan mata, yaitu sebagai berikut:

1.    Lutein dan Zeaxanthin

Lutein dan zeaxanthin adalah antioksidan yang penting dan membantu tubuh melawan radikal bebas. antioksidan terutama pada sayuran berdaun hijau gelap yang dapat mengurangi risiko katarak dan penyakit mata kronis lainnya. Makanan tinggi lutein dan zeaxanthin yaitu brokoli, sawi hijau, telur, kangkung, bayam, dan labu. 

2.    Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat memperlambat hilangnya ketajaman penglihatan. Vitamin C bisa didapatkan dengan mengonsumsi jeruk, lemon, apel merah, stroberi, pepaya dan kiwi. 

3.    Vitamin E

Vitamin E juga merupakan antioksidan yang dapat melindungi jaringan mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E banyak ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, biji bunga matahari, kacang hazelnut, minyak zaitun, dan minyak kanola.

 4.    Zinc

Zinc merupakan mineral penting yang dapat melindungi mata dari gangguan penglihatan dan katarak. Zinc dapat diperoleh dengan mengonsumsi daging merah, tiram, dark cokelat, susu dan produk olahannya.

 5.    Omega 3

Omega 3 adalah asam lemak esensial yang sangat penting untuk kesehatan mata dan mendukung perkembangan penglihatan serta kelenjar air mata. Omega 3 banyak terdapat pada ikan laut seperti salmon, tuna, sarden.

 

Reference:

Diet and Nutrition - American Academy of Ophthalmology (aao.org)

Diet and Nutrition | AOA

Top foods to help protect your vision - Harvard Health

Bagikan ke :